Pada media iklan, animasi dibangun sedemikian rupa agar penonton
tertarik untuk membeli atau memiliki atau mengikutiapa yang disampaikan
dalam alur cerita dari animasi tersebut.
Contoh :
- Iklan produk
- Penyuluhan kesehatan
- Iklan layanan masyarakat
Media ilmu pengetahuan, animasi memiliki kemampuuan untuk dapat
memaparkan sesuatu yang rumit untuk dijelaskan hanya dengan gambar atau
kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka animasi dapat digunakan untuk
menjelaskan suatu materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh
mata, dengan cara melakukan visualisasi maka materi yang dijelaskan
dapat tergambarkan. Selain itu animasi sebagai media ilmu pengetahuan
dapat dijadikan sebagai perangkat ajar yang siap kapan saja untuk
mengajarkan materi yang telah dianimasikan, terutama dengan adanya
teknologi interaktif pada saat ini baik melalui perangkat komputer
ataupun perangkat elektronik lainnya. Pada perangkat komputer ini
dikenal dengan istilan CAI (Computer Aided Instruction).
Contohnya :
- Animasi dokumenter dinosaurus
- Pembelajaran Fisika
- Pembelajaran Sholat dan cara baca Al Qur’an
- Perjalanan dalam dunia maya
- Ensiklopedi jagat raya
- Darah dalam tubuh manusia.
Media bantu, animasi digunakan sebagai perangkat penuntun atau
petunjuk dalam melakukan sesuatu. Sebagai media bantu, animasi akan
terlihat menonjol atau memberikan daya tarik atau memunculkan fokus baru
terhadap sesuatu yang perlu dibantu.
Contohnya :
- Pedoman penggunaan TV dan alat elektronik
- Petunjuk cara penggunaan aplikasi
- Petunjuk tata cara penggunaan produk
Media pelengkap, animasi digunakan sebagai pelengkap atau hiasan pada
suatu tampilan yang digunakan untuk mempercantik atau menarik pada
objek yang ditampilkan.
Contohnya :
- Tombol animasi
- Banner
- Bingkai / frame
- Tulisan
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang
berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
teks, audio, grafis, animasi dan video.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar